Rahasia Menjaga Kesehatan Mata Sehat Selalu

kesehatan mata

Mata adalah jendela jiwa sebagai salah satu ungkapan yang sering lantunkan dan kata ini memang sangat tepat. Lewat mata seseorng bisa menyampaikan berbagai hal dalam sebuah pandangan ataupun tatapan dan mata tentunya menjadi bagian orang tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Bila mata kita yang di pakai untuk memandang dan terpakai setiap saat untuk bekerja dan beraktivitas serta menikmati pemandangan ini terganggu tentunya yang akan rugi adalah diri sendiri, dan mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati. Hal ini juga berlaku dalam kesehatan mata yang perlu di pertahankan sebaik mungkin dari tubuh manusia yang tidak kekal.

Untuk itu di tulisan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan kiat yang telah di percaya oleh dokter dan praktis kesehatan sebagai langkah terbaik dalam menjaga kesehatan mata setiap insan. Dan langsung saja kita mulai uraiannya berikut ini

  • Mengkonsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Pada dasarnya makanan yang bergizi bagi kesehatan tubuh manusia sudah termasuk dalam menjaga kesehatn mata. Tapi beberapa makanan dan nutrisi penting yang berpengaruh langsung menjaga kesehatan mata tentunya seperti nutrisi vitamin A, Vitaman C, dan Vitamin E serta selenium, zinc, lutein, dan asam lemak dari omega 3 juga membantu memelihara kesehatan mata terkait dengan penurunan fungsi mata seiring bertambahnya usia.

Dengan memakan sayuran berdaun hijau, kacang kacangan, buah jeruk, ikan salmon, dan telur adalah sumber nutrisi terbaik untuk kesehatan mata itu sendiri dan ini adalah cara alami yang di bentuk dengan kebiasaan yang baik setiap hari untuk memelihara mata secara alamiah.

  • Hindari Menatap Layar Elektronik Terlalu Lama

Sebelum kemunculan elektronik kerusakan dan penurunan fungsi mata memang ada tapi semenjak dengan arus alat elektronik yang menjadi konsumsi bagi banyak orang membuat kesehatan mata menurun dimana cukup banyak orang orang dengan usia dini yang telah memakai kacamata termasuk para anak anak.

Penyebab utamanya tentuny adalah mata di paksa bekerja keras saat menonton layar dari elektronik ini dimana otot dan fokus yang di pakai untuk melihat layar elektronik ini juga membutuhkan energi yang lebih besar dan bisa melelahkan mata dalam jangka pendek dan membuat fungsi mata menurun dalam jangka panjang hingga menimbulkan berbagai gangguan dan penyakit pada mata.

Gejala dari menggunakan peralatan elektronik terlalu lama dengan menatap layar komputer atau smartphone misalnya dapat membuat rasa nyeri di leher yang terlalu kaku dan terdiam tanpa menyadarinya sehingga muncul sakit pada bahu, sampai menjalar hingga sakit kepala, dan mata akan menjadi cepat kering dan serta tidak riles sehingga seseorang akan merasakan kesulitan untuk melihat ke keajuhan dan pandangan juga akan lama lama menjadi kabur.

Tentunya bagi orang orang yang terpaksa bekerja di depan komputer akan lebih sering mengalami hal ini dimana bila di teruskan terus menerus tanpa sebuah upaya yang baik maka akan merugikan kesehatan dan pandangan matanya. Cobalah utnuk menentapkan aturan 20 menit dimana anda harus mengalihkan perhatian anda dari menatap layar dan memndang sebuah objek dari kejauhan selama kurang lebih dua puluh detik. Hal ini sangat bagus untuk merelaksasi ketegangan pada mata . Dan pastinya akan lebih baik lagi jika anda bisa mengistirahatkan mata anda di setiap dua jam sekali di sela sela menatap layar dengan beristirahat 15 menit.

  • Perhatikan Make Up Yang Anda Gunakan

Bagi para wanita yang sering menggunakan riasan atau siapapun yang berprofesi perlu sering merias wajah tentu harus memperhatikan bahan make up yang di gunakan agar tidak menggunakan riasan yang bisa menyebabkan iritasiĀ  dan infeksi bagi mata. Janglah menggunakan sebuah produk make up terlalu lama dan cuci bersih make up setelah tidak di gunakan. Produk produk yang terlalu lama di pakai juga tidak baik untuk di gunakan lagi dan anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  • Olahraga Rutin

Tentunya olahraga dan diet adalah dua kunci dari semua kesehatan tubuh serta mata anda pastinya. Secara langsung memang olahraga tidak memberikan efek apapun pada mata anda, tapi dengan berolahraga anda bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolestrol dan juga dibates yang dimana hal seperti itu bisa membuat gangguan pada penglihatan mata anda.

  • Memeriksa Mata Dengan Rutin

Menemui dokter spesialis mata untuk memeriksa mata seseorang secara rutin bukanlah hal yang rugi di lakukan walaupun anda tidak merasakan adanya gangguan pada mata. Dengan adanya pengawasan dan pantaun dari dokter sebagai ahli tentunya anda bisa mendapatkan saran dan peringatan dini bila ada penurunan kualitas pada mata anda apalagi memang secara bertambahnya usia kesehatan fungsi mata ini akan menurun. Memeriksa mata sekali dalam dua tahun atau sekali dalam setahun untuk yang lebih berusia ke dokter mata sangatlah di sarankan.