Cara Merespon & Memberikan Pertolongan Pertama

pertolongan pertama

Dalam kehidupan ada kalanya seseorang dan itu bisa siapa saja membutuhkan sebuah pertolongan darurat baik itu dari penyakit yang di alami atau mengalami sebuah kejadian yang tidak di duga dan datang secara tiba tiba. Saat seseorang terserang sebuah hal yang membutuhkan pertolongan padanya banyak orang mungkin tidak tahu cara memberikan respon dan pertolongan seperti itu.

Untuk itulah di sini kami akan memberikan beberapa petunjuk cara melakukan pertolongan. Namun untuk membatasi pertolongan yang membutuhkan tindakan berbeda dari setiap keadaan genting maka tulisan ini khusus untuk membahas pada pertolongan pertama untuk orang yang mengalami kecelakaan.

Jika di lakukan dengan benar dan cepat maka pertolongan yang di berikan akan sangat bisa menolong nyawa seseorang yang terancam atau sekedar mencegah orang yang mengalami kecelakaan itu masuk ke dalam kondisi yang lebih berbahaya, dan mari kita lihat langkah langkahnya

  • Mengamati Lingkungan Terjadinya Kecelakaan

Saat mendapati seseorang yang mengalami kecelakaan yang tingkat dan jenisnya bisa berbeda beda tentunya anda tidak bisa langsung memberikan pertolongan begitu saja karena harus mengientifikasi keadaan sekitar dahulu untuk melihat adakah bahaya susulan yang bisa terjadi dan membuat kecelakaan beruntun.

Tetap waspada terlebih dahulu dari sebuah kejadian kecelakaan dan lihat apakaha ada bahaya kecelakaan lain yang bisa mengancam dan hilangkan dahulu sumber bahaya tersebut dan lalu amati orang yang mengalami kecelakaan itu dengan melihat bagaimana luka dan kondisi yang ada pada orang tersebut untuk menentukan langkah anda selanjutnya

  • Periksa Kesadaran Korban

Kesadaran korban adalah hal yang penting untuk di periksa saat mengalami kecelakaan dan setiap level dan kasus kecelakaan bisa menimbulakn hasil yang berbeda seperti yang di bahas sebelumnya. Jika korban terlihat kurang kesadaran atau tidak menyadarkan diri maka anda bisa mencoba memanggilnya.

Panggilah dengan namanya jika anda kenal dan lakukanĀ  sedikit kontak fisik dengan menepuk pundak dan hal yang di perlukan untuk mendapatkan kesadaran korban. Jika tidak merespon atau korban pingsan maka bisa coba dengan memberikan wewangian minyak angin atau mencoba menyadarkan korban.

Tingkat luka orang yang kehilangan kesadaran bisa berbeda beda, apabila orang tersebut pingsan dan tidak ada luka berarti pada tubuhnya maka anda bisa membaringkannya secara terlentang dan angkat kakinya sekitar 30 cm agar membuat aliran darahnya dapat mencapai otak. Untuk itu dengan meninggikan posisi kaki saat orang terlentang bisa di coba sebagai salah satu langkah untuk menyadarkannya.

Selain itu anda juga bisa mencoba melonggarkan pakaian atau aksesoris yang di kenakan pada orang yang pingsan tersebut selama tidak menggangu luka di badannya. Aliran oksigen yang cukup akan membantu mengembalikan kesadaran. Jika ada kerumunan orang maka mintalah agar mereka sedikit menjauh untuk memberikan ruang udara bagi korban

  • Memeriksa Nafas

Nafas juga perlu di periksa dan hal ini tergolong tidak sulit dengan mencoba mendekatkan jari anda pada hidung korban dan coba untuk merasakan apakah nafasnya masih berjalan atau terhenti. Jika kondisi pasien masih dalam keadaan bernafas namun tidak sadarkan diri maka selain beberapa hal di point pembahasan di atas bisa anda lakukan untuk mencoba mendaptkan kembali kesadaran pasien sambil menunggu unit ambulance tiba.

Namun jika saat di periksa korban kecelakaan tersebut tidak bernafas maka anda perlu mempertimbangkan untuk memberikanya kompresi dada pada pasien. Biasanya ini hanya di lakukan oleh praktisi kesehatan tapi dalam keadaan mendesak siapapun yang di latih tentu bisa melakukannya dengan menggunakan tumit tangan anda di tekan ke dada pasien dengan kedalam sekitar 5 centimeter, satu tangan di tempatkan di tengah dada, dan tempelkan satu tangan lagi untuk menambah tenaga dan menguci tangan di bawah lalu tekan beberapa kali dengan irama yang beraturan. Jika ini tidak berhasil maka segera mempercepat korban untuk di bawa ke instalasi gawat darurat.

  • Periksa Luka Dan Menghentikan Pendarahan

Untuk korabn yang mengalami luka berdarah maka perlu di lakukan penanganan yang cepat dan baik agar mencegah perdarahan tersebut berkembang menjadi yang lebih serius. Apabila luka korban cukup besar dan merupakan luka yang terbuka dan mengeluarkan banyak darah maka harus dengan segera menggunakan kain serta usahakan kain yang bersih untuk menutup luka tersebut untuk sementara sambil menunggu pertolongan medis. Yang penting kain tersebut di gunakan untuk menutup luka terluka tersebut agar mencegah korban kehilangan lebih banyak darah lagi dan bisa berbahaya baginya.

Itulah dia beberapa langkah yang dapat anda lakukan saat menemui seorang korban yang mengalami kecelakaan dan jangan lupa untuk meminta orang lain nya untuk membantu menghubungi bantuan medis dengan segera saat memberikan pertolongan pertama pada korban. Dan semoga tulisan di artikel ini bisa memberikan sedikit banyak manfaat untuk para pembaca, dan salam sejahtera.